6 Makanan Penyebab Alergi Pada Anak

Mediabidan.com – Alergi makanan mempengaruhi sebagian besar anak di bawah usia tiga tahun. Hampir 3 juta anak-anak Amerika didiagnosa dengan alergi makanan yang berhubungan. Alergi makanan bisa menjadi mengancam hidup jika anak mengalami reaksi alergi parah pada makanan tertentu.

Menurut KidsHealth, ada enam makanan utama yang menyebabkan reaksi alergi pada anak. Apa saja itu ?

1.Gandum

Gandum adalah makanan umum yang menyebabkan alergi pada anak. Hal ini ditemukan dalam banyak produk, seperti kue, roti dan kerupuk. Gandum berisi empat protein utama yang menyebabkan reaksi alergi pada anak-anak. Protein yang paling umum adalah gluten.

2.Kedelai

Jika anak Anda memiliki alergi terhadap kedelai, sistem kekebalan tubuhnya memiliki hipersensitivitas terhadap protein yang ditemukan dalam kedelai. Tubuh overreacts dan mulai memproduksi antibodi IgE dan histamin untuk mempertahankan diri. Reaksi kimia ini menyebabkan gejala alergi makanan umum.

3. Kacang-kacangan

Salah satu alergi yang paling umum di antara anak-anak dan orang dewasa berasal dari kacang. Alergi kacang kacang dapat dipisahkan yakni pohon dan kacang tanah. Pohon kacang termasuk hazelnut, almond, pistachio, chestnut dan kenari. Tidak dianggap sebagai kacang asli. Jika anak Anda memiliki alergi kacang pohon, ia harus menghindari kacang karena protein memiliki kesamaan dengan pohon kacang.

4.Hidangan laut

Alergen lain anak umum adalah makanan laut. Untuk menghindari reaksi, menjaga anak Anda dari mengkonsumsi makanan laut, seperti tuna, kerang dan kepiting. Jika anak anda mengalami reaksi alergi, hubungi dokter Anda. Biasanya dokter meresepkan antihistamin oral atau krim hidrokortison yang dapat Anda terapkan untuk setiap area kulit yang telah menjadi meradang.

5.Susu

Alergi susu umumnya bingung dengan intoleransi laktosa atau intoleransi susu umum, menurut KidsHealth. Berbicara dengan seorang dokter medis untuk menerima diagnosis yang jelas. Susu mengandung whey dan kasein yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada anak. Meskipun susu sapi adalah susu yang umum dipertimbangkan untuk alergi susu, susu kambing dan domba juga dapat menyebabkan reaksi alergi.

6. Telur

Protein yang ditemukan dalam telur bisa menyebabkan reaksi alergi juga.


Belum ada komentar

Tinggalkan balasan