Jangan Sembarangan Menggunakan Sabun Pembersih Wanita

Surabaya (mediabidan.com) – Banyaknya promosi sabun pembersih khusus organ kewanitaan membuat kaum perempuan percaya. Namun, penggunaan sabun pembersih khusus sangat berbahaya bahkan menjadi salah satu pemicu kanker.

Dr Marsianto SpOG (K) mengatakan tidak sedikit kaum perempuan baik yang sudah menikah maupun yang belum menikah menggunakan sabun pembersih organ kewanitaan tanpa pengawasan dokter. Padahal, penggunaan tanpa petunjuk dokter sangat berbahaya bagi pengguna.

“Pemakaian sabun pembersih daerah khusus kaum perempuan ini merupakan salah satu pemicu kanker serviks, yaitu kanker leher rahim,” ujar dr Marsianto

Menurut dr Marsianto, sebelum memakai harus dikonsultasikan dengan dokter. Apakah kandungan antiseptik yang ada pada sabun itu sesuai dengan kondisi si pengguna. Sebab, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Yang perlu diketahui kandungan antiseptik yang terdapat di dalam sabun  dapat mempermudah kuman dan bakteri masuk ke dalam liang vagina.

Namun, biasanya di daerah vital kaum hawa terdapat bakteri yang menguntungkan. “Tak semua bakteri itu merugikan. Kalau bakteri ini dilawan, otomatis kuman dan bakteri lainnya yang merugikan akan mudah masuk,” terangnya.

Di daerah itu terdapat sekat atau lapisan khusus flora normal vagina yang berfungsi untuk memfilter berbagai kotoran yang masuk. Pada lapisan itu kuman pertama kali masuk. Dalam lapisan itu terdapat bakteri yang berfungsi melindungi daerah vital perempuan, yaitu bakteri doderlyne.

“Nah, antiseptik yang ada pada sabun pembersih gunanya untuk membunuh dan melawan bakteri dan kuman penyakit. Otomatis bakteri pelindung daerah vagina juga dilawan,” tuturnya.

Pemakaian sabun yang terus-menerus semakin mengikis bakteri doderlyne dan bakteri lain semakin mudah masuk ke liang vagina. “Vagina merupakan tempat yang paling disukai bakteri dan kuman. Untuk itu perlu dijaga kebersihannya. Kalau hal itu terus terjadi, dapat menyebabkan radang pinggul, bahkan salah satu pemicu kanker serviks,” tambahnya.(siska)

Editor : Agus

Baca juga:

  • Kebiasaan Mudah Hindarkan Penyakit
  • Belanja Bisa Perpanjang Umur
  • BPOM Buka Notifikasi Online





Belum ada komentar

Tinggalkan balasan