Jatim Bentuk Koalisi Indonesia Untuk Kependudukan Dan Pembangunan

Mediabidan.com – Koalisi Indonesia untuk kependudukan dan pembangunan sangat dibutuhkan untuk menyukseskan program pemerintah dalam upaya mencegah ledakan penduduk. Untuk itu, setiap provinsi, kabupaten dan kota diharapkan segera membentuk koalisi Indonesia Kependudukan dan Pembangunan. Jawa Timur merupakan koalisi ke tujuh yang ada di Indonesia.

Ketua Umum Koalisi Indonesia untuk kependudukan dan pembangunan Dr. Sonny Harry B. Harmadi mengatakan koalisi di Jatim ini merupakan koalisi ke tujuh di Indonesia. Yang pertama dibentuk di Prov Sulteng, Jabar, Gorontalo, Sumbar, Sumsel, dan kemarin baru dikukuhkan Koalisasi di Sumut. Dalam waktu dekat Akan dikukuhkan Aceh, Maluku, dan NTB.  Koalisi di Jatim dengan anggota 95 orang ini lebih besar dibanding Koalisi Pusat yang hanya 50 orang.

“Koalisi ini dibentuk sebagai wahana untuk menampung aspirasi individu-individu yang peduli terhadap masalah kependudukan dan pembangunan di Indonesia,” kata Sonny usai mengukuhkan kepengurusan Koalisi Kependudukan dan Pembangunan Provinsi Jatim periode 2011-2014 di Grand City, Surabaya.

Koalisi ini, sambung Sonny memiliki peranan sebagai sarana advokasi KIE, sarana jejaring membangun aliansi berbagai pihak, menjadi pusat dan sarana pertukaran informasi mengenai pembangunan kependudukan, memberikan rekomendasi kebijakan, serta membantu menggerakkan peran serta dan pemberdayaan masyarakat sebagai mitra kerja.

“Koalisi ini merupakan organisasi independen yang bebas dari kepentingan politik praktis terdiri dari orang-orang yang peduli pada masalah kependudukan serta mempunyai kemampuan untuk membantu dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan di bidang kependudukan,” papar dia.

Rakornis diikuti 400 orang mitra kerja program KB di Jatim, antara lain jajaran TNI, Tim Penggerak PKK Kab/Kota se Jatim,  APINDO Jatim, SKPD Kab/ Kota, serta Koalisi Indonesia untuk Kependudukan dan pembangunan.


Penulis : Siska

Baca juga:

  • Kendalikan Penduduk, BKKBN Jatim Luncurkan Gardalila
  • Jampersal Tak Akan Naikkan Jumlah Penduduk
  • Nikah Dini Jadi Tren Remaja Perkotaan





Belum ada komentar

Tinggalkan balasan