KB di Jatim Sukses, Angka Kematian Ibu dan Bayi Jauh di Bawah Tingkat Nasional

Mediabidan.com – Pelaksanaan program Keluarga Berencana (KB) di Jatim sejauh ini cukup suskses. Angka kematian ibu melahirkan dan bayi jauh di bawah tingkat nasional.

Total Fertility Rate (TFR) 1,92 % (2009) menjadi 1,64 % (2010). Laju Pertumbuhan Penduduk ( LPP) dari 0,52, menjadi 0,49, berarti sudah jauh di bawah tingkat nasional 1,49 %. Angka kematian bayi 28,2/ 1000 kelahiran, di tingkat nasional masih 34. Angka Kematian ibu melahirkan 90,7 per 100 ribu tingkat nasional masih 228.

“Kami akan terus mempererat kerja sama dengan BKKBN untuk turun ke grass root, berinteraksi langsung dengan masyarakat ke daerah pelosok-pelosok,” ujar Ketua TP PKK Provinsi Jatim Dra.Ny.Hj. Nina Soekarwo pada pembukaan Rakornis Optimalisasi Percepatan Revitalisasi program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) bersama mitra kerja di Jatim, di Grand City Mall Surabaya, Selasa (3/5).

Selama ini, problem kependudukan ada dua, yaitu struktural dan kultural. Struktural dengan menjalin kerja sama membentuk Koalisi. Sedangkan kultural mengubah pandangan untuk melakukan penundaan perkawinan dan penundaan kelahiran setelah menikah.

Sementara dari sisi non kependudukan membentuk koalisi sehingga ada korelasi positif seluruh lapisan masyarakat untuk saling memperkuat dan mempercepat program KB.  Karena melalui pertumbuhan penduduk yang berkeadilan, berkeseimbangan dan pemerataan, akan berdampak terhadap pengurangan angka kemiskinan, pengangguran serta lingkungan.

“Untuk itu sangat penting dibangun korelasi positif terhadap kependudukan dan pembangunan dengan membentuk Koalisi,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Kepala BKKBN Prov Jatim dan Ny.Hj. Nina Soekarwo menandatangi kerja sama di bidang program KB. “Meski tanpa harus perjanjian MoU dengn BKKBN, sudah menjadi suatu kewajiban bagi TP PKK Prov Jatim untuk revitalisasi KB,” pungkasnya.

Penulis : Siska

Baca juga:

  • Kendalikan Penduduk, BKKBN Jatim Luncurkan Gardalila
  • Nikah Dini Jadi Tren Remaja Perkotaan
  • Pencapaian Peserta KB Lebihi Target





Belum ada komentar

Tinggalkan balasan