Konjen AS Beri Kuliah Umum di STIKES Surabaya

Surabaya – Lingkungan kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Surabaya tampak lebih sibuk dari biasanya. Hal tersebut lantaran kampus yang berada di kawasan Medokan Semampir Indah tersebut menerima kunjungan dari Konsulat Jenderal Amerika Serikat untuk Surabaya Kirsten F. Bauer, Senin (13/12/2010).

Dalam kunjungannya, Kirsten menyempatkan diri untuk memberikan kuliah umum di salah satu ruang kuliah STIKES Surabaya. Dalam kuliah umum tersebut, Kirsten membicarakan tentang kerjasama komprehensif antara Indonesia dan Amerika khususnya dalam bidang pendidikan dan kesehatan.

Dalam kuliah umum tersebut, Kirsten juga menerangkan bahwa pihaknya akan menjadi mediator utama bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya di Amerika. ”Kita bisa bantu,” candanya dalam bahasa Indonesia yang masih kaku.

Dikatakannnya, kini, pihaknya tengah mensosialisasikan 2 cara untuk mendapatkan kesempatan belajar di Amerika. Pertama adalah dengan menggunakan cara yang lama, yakni dengan cara mendaftar dan test. Sedangkan cara kedua yang kini tengah digalakkannya adalah melalui join class, atau kelas bersama. ”Cara ini bisa melalui email, atau forum online, sehingga tetap bisa dilakukan pertukaran ide,” tegasnya.

Selain itu, dalam kuliah umumnya tersebut, Kirsten juga menjelaskan terkait dengan hubungan antar sekolah. Menurutnya, hal ini juga merupakan cara yang diprioritaskannya, karena dengan cara ini, pihaknya bisa melakukan pertukaran pelajar. ”Tidak hanya pelajar, kita juga bisa melakukan pertukaran dosen dan pengajar,” ucapnya

Selain di bidang pendidikan, dikatakannya pula, kerjasama antara Indonesia dan Amerika juga dijalin dalam bidang kesehatan. Dicontohkannya, tahun ini, pihaknya bekerjasama dengan pemerintah Indonesia tengah sibuk dalam upaya penanggulangan penyakit AIDS, khususnya di Surabaya dan Malang. ”USAID juga telah melakukan vaksinasi campak di Madura, dan sudah mencapai target yakni 80,5 %,” tegasnya.

Tidak hanya kuliah umum, agenda Kirsten di STIKES tersebut juga terkait dengan bakti sosial yang diadakan oleh STIKES. Hari ini, pihak STIKES memang tengah mengadakan bakti sosial yang diwujudkan dalam bentuk pemeriksaan dan pengobatan kesehatan gratis.

Dikatakan oleh Drs. Ahmad Ariyanto, MSi, Ketua STIKES Surabaya, program bakti sosial tersebut merupakan bentuk aksi tanggap STIKES dalam pencegahan penyakit pasca banjir yang melanda wilayah Semampir beberapa pekan lalu. ”Bagi yang belum terjangkit penyakit, kami berikan tips-tips agar terhindar dari penyakit,” ucap Ariyanto.

Terkait dengan hal ini, Kirsten mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi positif terhadap upaya yang dilakukan oleh STIKES Surabaya tersebut. Dikatakannya, musim yang tidak stabil memang membuat penyakit mudah timbul. Pencegahan bisa dilakukan melalui pemeriksaan kesehatan secara dini. ”Saya harap, masyarakat benar-benar memanfaatkan ini,” ujarnya. (Arif Junianto/mas)

Baca juga:

  • STIKES Peduli Korban Banjir
  • Dinkes Terus Pantau Kualitas Sekolah Kesehatan





Belum ada komentar

Tinggalkan balasan