RSU dr Soetomo Keluhkan Tunggakan Jamkesmas dan Jamkesda Rp 91,2 M

Media Bidan – Tunggakan jamkesmas dan jamkesda kepada RSU dr Soetomo semakin tinggi saja, sampai dengan September 2011 mencapai Rp 91,2 miliar. Jumlah ini bahkan setara dengan 33% dari prakiraan total pendapatan fungsional rumah sakit terbesar di Indonesia Timur yaitu sebesar Rp 354,2 miliar.

Dirut RSU dr Soetomo, dr Dodo Anondo MPH membenarkan adanya tunggakan pembayaran klaim jamkesmas dan jamkesda sebesar 91,2 miliar. Untuk itu pihaknya mendesak agar tunggakan segera dibayar untuk memperlancar pelayanan kesehatan di rumah sakit terbesar di Indonesia Timur tersebut. “Kami berharap segera dilunasi, karena tunggakan ini sangat besar dan mengganggu operasional rumah sakit,” ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Jatim tersebut kemudian merincikan, tunggakan terbesar berasal dari Jamkesda Kota Surabaya yakni sebesar Rp 43,2 miliar yang sejak Januari hingga September lalu tidak pernah membayar klaim Jamkesda. Sementara tunggakan terbesar kedua berasal dari Pemprov Jatim yakni sebesar Rp31,1 miliar.

“Dan terakhir tunggakan dari Jamkesmas yang merupakan program pemerintah pusat dan dibiayai APBN yakni sebesar Rp16,9 miliar. Kalau tidak dilunasi sampai akhir tahun, tunggakannya diperkirakan mencapai Rp 122 miliar,” kata Dodo.

Lanjutnya, Gubernur Jatim Soekarwo juga sudah memintanya memprioritaskan penanganan tunggakan tersebut. “Gubernur meminta saya untuk segera melakukan penagihan tunggakan Jamkesmas maupun Jamkesda Provinsi Jatim dan Kota Surabaya . Jamkesmas ditagih ke Kementrian Kesehatan dan Pemkot serta Pemkot ditagihkan kepada Dinas Kesehatan masing-masing,” tuturnya.

Meskipun ada tunggakan, ditegaskan Dodo, RSU dr Soetomo tetap melayani pasien Jamkesda dan Jamkesmas dengan optimal. “ Adanya tunggakan ini memang sangat mengganggu namun masyarakat terutama masyarakat miskin pengguna program ini tidak usah khawatir semua tetap berjalan seperti biasa,” tegasnya.

Menurut dia, hal ini bisa terjadi karena adanya pengertian dan kepercayaan dari supplier farmasi dan para dokter untuk mengatasi biaya Jamkesda dan jamkesmas yang menunggak “  Kami benar-benar berterimakasih kepada kedua pihak tersebut yang bisa memahami kondisi yang dialami RSU dr Soetomo, sehingga tidak mengganggu pelayanan kepada pasien miskin. Namun kami tetap berharap tunggakan ini segera dibayarkan,” seru Dodo.

Terpisah, Kepala Dinkes Jatim Drs Mudjib Affan MARS menyatakan akan segera melunasi tunggakan Jamkesda yang menjadi tanggungan instansi yang dipimpinnya. Anggaran untuk melunasi sudah dialokasikan dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD Jatim 2011. “Dalam PAK ada tambahan Rp40 miliar untuk Jamkesda,” tandasnya.

Untuk tahun 2011 ini, total Jamkesda Jatim sebesar Rp160 miliar. Rinciannya, sebesar Rp120 miliar merupakan APBD murni, dan Rp40 miliar lainnya dianggarkan dalam PAK.(irm/mas)

Baca juga:

  • RSU dr Soetomo Gratiskan Biaya Pengobatan TB-MDR
  • Tekan AKI, RSU dr Soetomo Akan Bangun Maternity Wing
  • Prioritas Dalam Penanganan Korban Bencana





Belum ada komentar

Tinggalkan balasan