Umur 16 Tahun Menikah, Jangan Ah!

Mediabidan.com – Kalau mau menikah di usia muda, Jatim bukan tempatnya. Lebih baik tunda dulu keinginan anda. Kenapa?

Soalnya, Pemprov Jatim berupaya untuk meningkatkan usia perkawinan seorang perempuan dari 17 tahun menjadi 21 tahun.

Seluruh bupati dan walikota, camat hingga Kantor Urusan Agama (KUA) harus mendorong peningkatan usia perkawinan pertama perempuan menjadi lebih dari usia 21 tahun. Jangan sampai perempuan 16 – 17 tahun menikah.

”Peningkatan usia perkawinan pertama perempuan dari 19 tahun menjadi 21 tahun akan berdampak terhadap tingkat fertilitas perempuan, karena masa potensial reproduktifnya menurun, sehingga kemungkinan jumlah anak yang dilahirkan juga berkurang,” ujar Gubernur Jatim Dr.H.Soekarwo ketika silaturahmi dengan 70 ribu Kader Kependudukan Keluarga Berencana (KKB), di GOR Ken Arok Kota Malang, Sabtu (26/2).

Mantan Sekdaprov Jatim ini menuturkan dengan meningkatnya usia perkawinan akan memberikan dampak yang besar juga terhadap peningkatan kesejateraan keluarga, kesehatan dan peningkatan usia rata–rata harapan hidup.

Pada kesempatan tersebut, Pakde Karwo memberikan pujian kepada para kader KKB karena berkat kerja keras mereka, Laju Pertumbuhan Penduduk (LPP) Di Jatim tahun 2010 sudah mencapai 0,49 sedangkan di Indonesia 1,49. Menurunnya Total Fertility Rate (TFR) perempuan usia reproduksi nasionl 2,3 sedang Jatim sudah mencapai 1,64 untuk tahun 2010. Usia subur nasional 61,4 tapi di Jatim 66,1. Kematian bayi di Jatim 28,2, sedangkan nasional masih 34.

Menurunnya rata-rata rata-rata KB aktif dibanding usia subur, di tingkat nasional 61,4, sedangkan di jatim sudah mencapai 66,1%. Begitu pula dengan penurunan kemiskinan se Indonesia 1.506.820, 32,74 % atau 1/3 terjadi di Jatim, salah satunya keberhasilan KB.  “Hal itu karena Posyandu dan kader KKB Jatim sangat aktif,” ujar Pakde Karwo – begitu dia akrab disapa.

Usia subur yang tidak ingin punya anak lagi dan menunda kelahiran dilayani para kader dengan baik meski diakui sebagian kecil sekitar 8 % masih belum terlayani. Diharapkan bisa turun 5 – 6 %.

reporter : Siska
editor : Agus

Baca juga:

  • Tak Sulit Hilangkan Selulit
  • Senyum Palsu akan Memperburuk Suasana Hati
  • Lumat Lemak Dengan Merica

Belum ada komentar

Tinggalkan balasan